Ngomong-ngomong makanan asal Korea, ada salah satu makanan khas Korea yang terkenal banget, makanan ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk jadi adonan padat dan panjang serta dimasak dengan saus pedas atau manis yang disebut Tteokbokki.

Bersamaan dengan meluasnya budaya Kpop, Tteokbokki juga semakin dikenal, karena rasanya yang cocok dengan lidah banyak orang. Melihat perkembangan itu, pemerintah Korea Selatan sampai mendirikan “Laboratorium Tteokbokki” sejak tahun 2009 yang berupaya menjadikan makanan ini sebagai produk internasional. Dan telah dilakukan riset pasar, jenis tepung beras, pengembangan saus dan metode memasaknya agar sesuai dengan preferensi berbagai negara.

Dari lembaga ini pula diciptakan secara resmi ejaan “Toppokki” dengan alasan agar terlihat lebih ramah untuk pasar Internasional. Tteokbokki terbuat dari tepung, namun berjalannya waktu dan dari lembaga ini pula, ada dorongan dari pemerintah untuk menggunakan beras sebagai bahan baku karena dianggap lebih sehat daripada tepung.

Tteokbokki atau Toppokki ini juga terkenal di Indonesia, mayoritas restoran Korea di Indonesia menyajikan menu Toppokki sebagai menu andalan. Salah satu restoran yang menyediakan menu Toppokki ini adalah Hyang Yu, yang bertempat di Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Restoran yang mengusung konsep Korean ini menyediakan menu lain selain Toppoki, yaitu Rabbokki (Ramyeon & Toppokki) mulai dari harga Rp 20.000. Untuk kamu yang mau cobain menu bisa langsung datang ke Hyang Yu ya!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *