Makanan Korea jadi rebutan nih, bikin penasaran abis! Gara-gara sering muncul di drama Korea yang kita tonton, jadi pengen nyobain semua. Varian dan cara penyajiannya yang unik bikin lidah jadi bergoyang, mulai dari Kimchi sampe banchan atau hidangan kecil lainnya.

Tapi, dibalik enaknya dan seru-nya makanan Korea yang udah pernah kita cobain, ternyata ada fakta menarik yang mungkin belum kita tahu. Yuk, simak 7 fakta seru tentang makanan Korea!

  1. Kimchi itu ternyata ada ratusan jenis, loh!

Kimchi memang jadi makanan Korea paling populer, tapi siapa sangka ada lebih dari satu jenisnya. Banyak banget varian Kimchi, bikin ngiler dan seru banget buat dicoba!

  1. Nasi dulu bisa dipake buat bayar pajak, serius!

Nasi itu selalu jadi bahan pokok di masakan Korea, bahkan sampe ke kehidupan sehari-hari. Nasi pernah dianggep mewah banget sampe dipake buat bayar pajak, loh, waktu Periode Tiga Kerajaan. Nasi jadi ‘uang’, nih!

  1. Di kuil, kita bisa nemuin menu makanan khas kerajaan.

Ada beberapa menu makanan kerajaan yang bisa kita temuin di kuil, lho. Karena pelayan dapur yang udah tua bakal pensiun ke kuil sebagai biarawati, dan makanan-makanan keren itu ikutan pindah.

  1. Orang Korea doyan banget sama bawang putih.

Bawang putih itu kayak bahan wajib di masakan Korea. Ada di sup, dimakan mentah sama daging panggang, bumbu, sampe di beberapa minuman! Gila, rata-rata orang Korea makan 7,6 kilogram per kapita dari 2011-2017. Bawang putih party, nih!

  1. Jumlah banchan yang disajikan selama makan sesuai sama status restoran.

Dulu, jumlah banchan yang dikasih selama makan disesuaikan sama status kita, loh. Mulai dari empat sampe dua belas hidangan kecil yang berbeda-beda. Bahkan ada yang sampe 100 varietas buat raja. Meja makan jadi rame banget, ya?

  1. Sumpit Korea punya ciri khas sendiri.

Sumpit Korea beda banget, ada yang terbuat dari logam. Enggak kayak Cina atau Jepang yang pake sumpit biasa. Sumpit Korea unik, bentuknya ada yang bulat, persegi, sampe datar!

  1. Gochujang itu saus paling populer di Korea.

Ini udah pada tahu, kan? Gochujang udah ngehits banget, bahkan di Indonesia. Pasta cabai merah ini bisa dipake buat apa aja, dari sup sampe daging dan sayuran. Mirip kayak bawang goreng di Indonesia, bisa dipake di semua makanan kecuali kue dan eskrim.

Nah, itu dia 7 fakta keren tentang makanan Korea yang mungkin belum kamu tau. Udah tau sekarang kan? Kalo kamu punya fakta lainnya, share aja di kolom komentar!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *