Serupa dengan suasana Natal, orang Korea Selatan menyambut Tahun Baru dengan gaya yang simpel dan modern. Biasanya, mereka lebih suka saling kirim kartu ucapan untuk merayakan Tahun Baru menurut kalender Masehi. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada tradisi spesial yang dilakukan untuk menyambut pergantian tahun, terutama karena 1 Januari dianggap sebagai ulang tahun bagi setiap warga Korea Selatan.

Bagi yang penasaran dengan tradisi Tahun Baru ala Korea Selatan, yuk simak ulasannya di bawah ini, terutama buat penggemar drakor!

  1. Merayakan Bertambahnya Usia

Setiap orang Korea Selatan secara otomatis bertambah usia satu tahun pada 1 Januari, tanpa memandang tanggal lahir. Tradisi ini berakar dari perpaduan pentingnya konsep usia dan nilai kolektivitas dalam masyarakat Korea Selatan. Di sini, usia seringkali menentukan hierarki sosial. Meski begitu, mereka juga tetap merayakan ulang tahun sesuai tanggal lahir masing-masing, sehingga perayaan pada 1 Januari lebih bersifat simbolis.

  1. Melihat Pertunjukan Kembang Api

Seperti kebanyakan negara lain, Korea Selatan merayakan Tahun Baru dengan menyalakan kembang api. Penggemar drakor pasti akrab dengan pemandangan langit Korea Selatan yang dihiasi kembang api. Pada malam Tahun Baru, banyak muda-mudi yang berkencan sambil menikmati pertunjukan kembang api. Beberapa lokasi, seperti COEX atau Lotte Tower di Seoul, bahkan menyajikan pertunjukan kembang api spektakuler.

  1. Menyaksikan Matahari Terbit

Tradisi khas Korea Selatan adalah menyaksikan matahari terbit saat Tahun Baru. Ini berasal dari kepercayaan masyarakat Korea yang berdoa untuk kesehatan dan rezeki di tahun yang baru. Tempat-tempat seperti Jeongdongin di Gangneung (4 jam dari Seoul) atau Seongsan Ilchulbong di Pulau Jeju menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan keindahan matahari terbit.

  1. Menangkap Ikan di Es

Selama liburan Tahun Baru, banyak festival musim dingin yang seru diadakan di Korea Selatan, dan bisa dinikmati oleh pengunjung dari seluruh dunia. Salah satu festival yang paling dinantikan adalah Hwacheon Sancheoneo Festival di Kota Hwacheon, Gangwon-do. Di sini, pengunjung dapat merasakan sensasi memancing ikan dengan tangan kosong di sungai yang membeku.

  1. Berkunjung ke Bosingak Bell Pavilion

Bukan tanpa alasan orang Korea Selatan mengunjungi Bosingak Bell Pavilion saat Tahun Baru. Pergantian tahun di Negeri Ginseng ditandai dengan dibunyikannya lonceng besar di paviliun ini, yang terletak di Jongno-gu, Seoul. Lonceng ini dulu digunakan sebagai penanda pembukaan dan penutupan gerbang kota pada era Dinasti Joseon. Saat ini, lonceng hanya dibunyikan 33 kali di malam pergantian tahun.

 

Meski merayakan Tahun Baru dengan gaya sederhana dan modern, orang Korea Selatan tetap menyambutnya dengan sukacita. Bagi mereka, Tahun Baru adalah momen penting karena setiap orang berusia satu tahun lebih tua pada 1 Januari. Kalo kamu mau merayakn tahun baru dengan makanan khas Korea yang lezat, kamu bisa merayakannya di Hyang Yu✨

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *